Tips Beternak Ayam Petarung Yang Mudah Untuk Pemula

Page breadcrumbsEnd of page breadcrumbs

Tips Beternak Ayam Petarung Yang Mudah Untuk Pemula

Saat ini bisnis berternak ayam memang sangat menjanjikan, terlebih untuk Situs Adu Ayam Termurah. Seperti diketahui jika harga ayam jenis ini memang berbeda dengan ayam kampung pada umum nya, untuk anakan yang berkualitas harga ayam ini bisa mencapai ratusan ribu rupiah terlebih yang sudah cukup dewasa, harga nya bis mencapai jutaan rupiah. Jadi tertarik untuk berternak ayam jenis ini? Jika iya, berikut ini kami berikan tips serta cara beternak ayam aduan yang mudah bagi pemula seperti anda.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pemiliha indukan, ayam yang akan anda gunakan sebagai indukan harus lah ayam yang berkualitas tinggi sebab gen anakan nya nant akan menurun dari indukan ini. Jika indukan nya bagus maka kemungkinan besar anakan nya nanti juga akan bagus begitu pun sebalik nya. Untuk memilih indukan yang bagus anda bisa membaca di artikel kami yang lain untuk pemilihan serta ciri indukan yang bagus.

Setelah menemukan indukan yang bagus, anda bisa langsung mengawinkan nya dengan cara mengurung nya di kandang yang sama. Satu ekor pejantan biasanya sanggup mengawini 2-3 ekor ayam betina, jangan lupa memberkan makanan yang mengandung nutrisi serta vitamin yang cukup agar ayam anda selalu fit sehingga kemungkinan bertelur nya semakin membesar Biasanya perjodohan ini akan berlangsung selama 5-7 hari, sediakan juga tempat untuk sang betina bertelur, bisa menggunakan jerami atau kain yang halus.

Di fase ini terkadang sang betina tidak mau dikawin, hal itu wajar karena biasanya betina tersebut masih belum cukup umur dan belum siap untuk bertelur. Namun untuk betina yang and yakini sudah cukup umur namun tidak mau dikawin, anda bisa mengawinkan nya secara konvensional, cara nya pegang betina menghadap ke dalam lalu arahkan ekor betina tersebut ke pejantan. Cara ini biasanya akan berhasil, lakukan hal tersebut setiap hari selama beberapa hari hingga betina tersebut bertelur.

Perawatan Anakan Ayam Petarung Yang Baru Menetas

Ketika telur sudah menetas, anda bisa langsung memisahkan nya dengan indukan. Hal ini bertujuan untuk sang anakan bisa tumbuh optimal ketika pisah dengan induk nya, selain itu sang induk juga bisa langsung untuk bertelur lagi. Ketika anakan nya masih berumur 1-2 hari, anda tidak perlu memberi mereka makanan  karena mereka masih memiliki cadangan makanan yang menempel di tubuh mereka, cukup berikan minum serta lampu dikandang nya agar suhu kandang anakan itu tidak terlalu dingin.

Di hari berikut nya anda baru bisa memberi nya makanan berupa dedak serta jagung yang di tumbuk halus, jangan lupa berikan mereka nutrisi serta vitamin yang cukup agar anakan ayam anda tidak mudah terserang penyakit serta memiliki harapan hidup yang tinggi. Setelah umur nya mencapai 1 bulan lebih, anda sudah bisa memberi mereka makanan yang lebih keras seperti beras serta voor.

Cara Memilih Anakan Ayam Petarung Yang Bagus Ciri anakan ayam aduan yang bagus adalah memiliki bentuk badan yang panjang serta tulangan yang keras. Ciri ini sangat mungkin dikenali ketika masih anakan, selain itu mata nya akan sedikit masuk ke dalam dan anakan yang bagus akan terlihat lebih aktif dari yang lain. Demikian artikel mengenai tips beternak Ayam Petarung, semoga bermanfaat.