Cara Merawat Ayam aduan Cetak Juara

Page breadcrumbsEnd of page breadcrumbs

Cara Merawat Ayam aduan Cetak Juara

Saat ini memang banyak sekali cara merawat ayam jago, dari mulai dipersiapkan untuk ajang kontes maupun untuk di adu. Yang di sebut dengan ayam jago adalah semua jenis ayam yang berjenis jantan. Namun setiap ayam memiliki keunggulan tersendiri, akan tetapi dari banyak nya jenis ayam ada beberapa yang memiliki kemampuan super untuk bertarung dan biasa nya ayam jenis ini yang paling banyak di manfaatkan sebagai Sabung Ayam Deposit Termurah Indonesia. Perawatan ayam itu sendiri tentu akan sangat berbeda dengan perawatan ayam pada umum nya, dan berikut ini cara merawat ayam petarung yang benar.

Untuk perawatan nya sendiri, hal utama yang harus di perhatikan ketika memelihara Ayam jagoadalah pakan. Pakan ayam itu sendiri tidak boleh asal banyak, karena harus menyesuaikan dengan ukuran serta berat sang ayam itu sendiri. Pakan 200-300 gram biasanya sangat bagus untuk ayam yang memiliki bobot sekitar 3-4 kg. Pakan paling umun untuk ayam petarung adalah beras merah, selain itu bisa ditambah juga dengan jagung utuh (belum di haluskan) untuk melatih kekuatan paruh ayam itu sendiri, selain itu biasanya saat memberi makan para botoh juga memberikan vitamin atau suplemen agar peforma sang ayam bisa maksimal.

Berikut nya adalah sangat penting bagi ayam petarung untuk di mandikan untuk menjaga bulu-bulu nya agar tetap bagus, karena bulu-bulu ayam sendiri sangat berguna ketika bertarung karena untuk menjaga keseimbangan badan sang ayam. Namun kita tidak boleh memandikan ayam dengan asal-asalan, karena hal itu akan memperngaruhi perilaku ayam itu sendiri. Dan setelah di mandikan, hendak nya ayam dijemur di bawah sinar matahari langsung untuk melatih nafas ayam agar lebih panjang ketika berlaga.

Dan hal yang tidak kala penting untuk merawat Ayam jago  adalah melatih nya, pelatihan ini sendiri bisa dilakukan ketika ayam sudah cukup dewasa yakni sekitar umur 6-8 bulan. Tujuan pelatihan ini untuk membentuk mental bertarung sang ayam dan juga untuk melatih stamina ayam itu sendiri.

Perawatan Ayam aduan Anakan

Memang ada banyak jenis ayam petarung yang ada di Indonesia namun pada umum nya para botoh di Indonesia banyak menggunakan ayam Bangkok sebagai Ayam petarung mereka, hal ini mungkin di karenakan ayam jenis ini memiliki tulangan yang besar dan kokoh serta memiliki pukulan yang mematikan. Dan untuk menghasilkan ayam jago yang bagus tentu saja sang ayam harus dipelihara dengan benar sejak masih kanakan, dan setelah berumur sekitar 6 bulan barulah sang ayam sudah bisa di abar atau di coba untuk mengetahui gaya bertarung nya.

Merawat ayam anakan bisa disebut gampang-gampang susah, karena pada fase ini sang ayam sangat rentan terkena penyakit, maka dari itu kita harus selalu menjaga kebersihan kandang dengan seksama. Selain itu minuman sang anak ayam juga harus diberi vitamin agar tidak mudah terkena penyakit, selain itu pada kandang anak ayam juga harus dipasang lampu dengan daya yang kecil untuk memberikan kehangatan pada anak ayam ini ketika malam. Pada masa ini, anak ayam aduan harus diberi banyak pakan untuk membentuk tulangan yang besar serta badan yang kekar, maka kita harus memberikan gizi yang cukup pada pakan anak ayam ini. Setelah umur anakan ayam ini memasuki 3-4 bulan, hendak nya kita memindahkan anakan ayam ini ke kandang yang lebih besar agar pertumbuhannya bisa maksimal.